Bandung Monorail Diganti Menjadi LRT?

PT Jabar Monorel merupakan joint venture yang dibentuk bersama oleh PT Jasa Sarana, Badan Usaha Milik Daerah yang saham mayoritasnya punya pemerintah provinsi, bersama PT Sarana Infrastruktur Indonesia, anak perusahaan Panghegar Grup, yang bekerja sama dengan China National Machinery Import & Export Corporation (CMC), perusahaan negara milik pemerintah Tiongkok.

Bandung Monorail yang rencananya akan mengintegrasikan lima rute utama yang menghubungkan Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat, serta Sumedang. Rute yang dibangun pertama kali adalah Leuwipanjang - Gedebage - Jatinangor sepanjang 29,8km dengan biaya Rp 6triliun, yang diharapkan akan beroperasional pada tahun 2025.

Bandung Raya Monorail

Namun pada 11 April 2016 yang lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membatalkan pembangunan monorel Bandung Raya. Pembangunan modal transportasi massal tersebut urung dilakukan seiring pembangunan Kereta Cepat Bandung-Jakarta yang digagas pemerintah pusat yang terintegrasi dengan Light Railway Transit (LRT).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, sebagai pengganti monorel, pihaknya akan membangun light railway transit (LRT) Bandung Raya. Menurutnya, konsep LRT ini bisa terintegrasi dengan titik akhir kereta cepat Bandung-Jakarta di Tegalluar, Bandung. Jumlah trase atau rute untuk proyek LRT ini dipastikan akan sama proyek monorel sebelumnya.

Sumber : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/04/11/o5grlz354-pembangunan-monorel-bandung-raya-dibatalkan http://finance.detik.com/read/2016/04/12/174719/3186201/4/monorel-bandung-raya-dibatalkan-diganti-lrt http://finance.detik.com/read/2014/09/19/154028/2695520/4/ini-dia-peta-jalur-monorel-bandung-raya