Bunga KPR Turun, Angin Segar Industri Properti

Bunga KPR Turun, Angin Segar Industri Properti

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berencana bakal menurunkan suku bunga kredit menjadi sebesar 9,5 persen atau single digit pada Oktober 2016. Kebijakan tersebut menyusul keputusan Bank Indonesia memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis point menjadi 6,50 persen dari semula 6,75 persen.

"Kita memang berencana untuk menurunkan suku bunga secara bertahap kita sesuaikan daripada suku bunga BI, ya 9,5 persen. Dengan begitu kita berharap agar penyaluran KPR bertumbuh lagi," ujar Direktur Utama BTN Maryono.

Sebelumnya, penurunan suku bunga kredit juga dilakukan oleh sejumlah perbankan lain seperti Bank Mandiri misalnya, yang telah meluncurkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar 8,5 persen fixed selama lima tahun.

Menurut Senior Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Harry Gale, program KPR berbunga rendah tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat mendapatkan skema pembiayaan yang terjangkau dalam membeli rumah atau hunian yang sesuai dengan keinginan.

“Hal ini juga menjadi respon perseroan atas harapan regulator agar perbankan dapat terus menurunkan suku bunga kredit sehingga semakin memperkuat fungsi intermediasi perbankan dan menggerakan perekonomian,” tutur Harry.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/07/15/470/1438944/kata-mereka-bunga-kpr-turun-angin-segar-industri-properti